PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

VERAWINA, YOLANDA DWIE, 205060155 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika disebabkan karena kurang kreatinya pendidik dalam menerapkan model pembelajaran, masih banyak pendidik yang menerapkan model konvensional dengan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini dilaksakanan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 024 Coblong. Adapun sampel penelitian ini yaitu kelas III A dengan jumlah sebanyak 27 peserta didik ebagai kelas eksperimen dan kelas III B dengan jumlah sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Rata-rata pre-test di kelas eksperimen memperoleh hasil sebesar 48,52 dan post-test nya sebesar 79,07. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pre-test memperoleh hasil sebesar 48,70 dan post-test nya sebesar 68,15. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan ujit dan diperoleh hasil signifikan sebesar <0,001 maka Hₐ diterima, ini membuktikan adanya pengaruh yang dapat dilihat dari perhitungan effect size sebesar 1,299 yang mana berdasarkan indeks effect size, yang mana dapat dikategorikan dalam kategori besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang besar pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Aplikasi GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:12
Last Modified: 07 Oct 2024 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72250

Actions (login required)

View Item View Item