PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI RW 14 TAMANSARI ATAS KOTA BANDUNG

Saputri, Isny Febriyanti (2024) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI RW 14 TAMANSARI ATAS KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Persuasif Terhadap Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Kebijakan Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik di RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung” merupakan penelitian yang dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran masyarakat di RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung yang masih kurang dalam menerapkan kebijakan pemilahan sampah organik dan anorganik, sedangkan daerah RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung sudah termasuk dalam Kawasan Bebas Sampah (KBS), dan juga sudah terdapat surat himbauan pemilahan sampah sebagai komunikasi persuasif dari pihak Kelurahan Tamansari yang sudah diedarkan sejak akhir tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Komunikasi Persuasif dengan dimensinya yang terdiri dari Attention, Interest, Desire, Decision, Action terhadap Kesadaran Masyarakat. Teori pada penelitian ini menggunakan AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action) sebagai Applied Theory yang berasumsi bahwa komunikasi persuasif dapat berhasil jika dapat membangkitkan perhatian, minat, hasrat, keputusan, dan tindakan pada khalayak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah warga yang tinggal di RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung mulai dari RT 01 sampai RT 05. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden, dengan masing-masing perwakilan 18 orang dari setiap RT di RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa angket dan data sekunder. Pada penelitian ini digunakan analisis data berupa analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program IBM SPSS Statistik 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (Uji F) nilai Fhitung (30,50) lebih besar dari Ftabel (1,917), maka komunikasi persuasif berpengaruh signifikan terhadap kesadaran masyarakat di RW 14 Tamansari Atas Kota Bandung dalam penerapan kebijakan pemilahan sampah organik dan anorganik dengan nilai R Square sebesar 0,645. Hasil pengujian secara parsial (Uji T) dengan sub variabel Komunikasi Persuasif menunjukkan dimensi Attention Thitung (2,590) > Ttabel (1,663), dimensi Interest Thitung (2,423) > Ttabel (1,663), dimensi Desire Thitung (2,979) > Ttabel (1,663), dimensi Decision Thitung (2,732) > Ttabel (1,663), dan dimensi Action Thitung (2,131) > Ttabel (1663). Hal ini menunjukan bahwa X1 (dimensi Attention), X2 (Interest), X3 (Desire), X4 (Decision), dan X5 (Action) terhadap Y (Kesadaran Masyarakat) adalah sebesar 64,5% sementara sisanya sebesar 35,5% merupakan pengaruh faktor lain diluar komunikasi persuasif. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Kesadaran Masyarakat, Kebijakan Pemilahan Sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:22
Last Modified: 07 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72213

Actions (login required)

View Item View Item