Pembuatan dan Uji Kinerja Dual Condenser Multi Evaporator Two-Phase Loop Thermosyphon Untuk Pendingin Baterai The construction and Performance Examination of Two-Phase MultiEvaporator Loop Thermosyphon for Battery Cooling

Suryadeva, Andrew and Ariantara, Bambang and Supriyono, Toto (2024) Pembuatan dan Uji Kinerja Dual Condenser Multi Evaporator Two-Phase Loop Thermosyphon Untuk Pendingin Baterai The construction and Performance Examination of Two-Phase MultiEvaporator Loop Thermosyphon for Battery Cooling. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Andrew Suryadeva_193030051_Teknik Mesin.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Setiap baterai mengalami proses pembangkitan kalor yang terjadi pada saat pemakaian (discharging) maupun pengisian (charging) baterai, kalor yang dibangkitkan oleh baterai menyebabkan kenaikan temperatur kerja baterai, idealnya baterai lithium ion memiliki temperatur kerja pada rentang 20-50 ⁰C. Temperatur kerja baterai yang terlalu tinggi dapat mengurangi kapasitas baterai, mempersingkat masa pakai baterai, dan dalam keadaan ekstrim, dapat memicu kebakaran atau ledakan yang membahayakan penggunanya maupun orang di sekitar. Tidak hanya itu, api yang disebabkan oleh terbakarnya baterai lithium-ion sangatlah sulit untuk dipadamkan. Untuk mencegah halhal tersebut, temperatur kerja baterai perlu dibatasi dengan menggunakan metode pembuangan panas yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sebuah prototipe multi evaporator loop thermosyphon dengan kondensor ganda yang bertujuan untuk mengurangi pengaruh kemiringan thermosyphon terhadap kinerjanya. Kinerja loop thermosyphon diuji dengan memvariasikan ketinggian fluida kerja thermosyphon. Kondensor thermosyphon dilengkapi dengan water jacket untuk membantu proses pelepasan panas dan untuk mengukur seberapa besar kalor yang dilepas ke air pendingin. Beban kalor disimulasikan dengan menggunakan kawat nikelin sebagai pemanas dan dililitkan pada bagian evaporator, yang kemudian dayanya diatur menggunakan DC power supply. Pengukuran temperatur pada loop thermosyphon menggunakan thermocouple type-K yang di tempel pada bagian-bagian yang telah ditentukan, yang kemudian dihubungkan dengan perangkat akuisisi data. Pada penelitian ini diperoleh kinerja optimal thermosyphon pada ketinggian fluida sebesar 70 mm dan beban kalor sebesar 45 Watt dengan hambatan termal sebesar 0.144 ⁰C/W.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:38
Last Modified: 27 Sep 2024 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70716

Actions (login required)

View Item View Item