WIRANDA VENESIA, 205050048 (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Pemecahan masalah dengan matematika adalah merupakan inti dari pembelajaran karena merupakan kemampuan dasar kegiatan belajar mengajar disekolah. Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki peserta didik sekolah menengah dalam matematika. Selain itu, pentingnya self-confidence pada peserta didik mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kedua aspek tersebut pada peserta didik SMP masih rendah, sehingga diperlukan inovasi dalam model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. 2) mengehtahui Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMP dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan GeoGebra. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Bandung dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan GeoGebra dan VIII D sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa soal uraian dan angket yang telah diuji cobakan untuk dijadikan instrumen penelitian. Hasil analisis menunjukan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-confidence, model Pembelajaran Treffinger, Geogebra.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 06:16 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70282 |
Actions (login required)
View Item |