NUGROHO SETIYO ARI, 205050060 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE BAGI SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence sangat penting dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran untuk menunjang aktivitas didalam maupun diluar kelas. Akan tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi dilapangan, yang ditandai dengan banyaknya siswa yang mempunyai nilai rendah karena kurang aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung memiliki jawaban yang sama dengan temannya dikarenakan tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui model Inkuiri Terbimbing apakah terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis pada siswa dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah Self-confidence siswa yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing dengan berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence pada siswa yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain non-equivalent control grup, sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas control. Pengambilan sempel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang meperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70189 |
Actions (login required)
View Item |