PPENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN WORDWALL

RAHMA SYIFA DWINA, 205060086 (2024) PPENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berbantuan Wordwall di kelas V di SDN Pamoyanan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pamoyanan sebanyak 44 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V-A sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan instrumen tes (pretestposttest). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan terdapat pencapaian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan pada kelas eksperimen 0,62 atau 62% dan kelas kontrol 0,36 atau 36%. Selain itu, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari hasil Uji-t data N-Gain menghasilkan nilai signifikansi dengan satu pihak (pihak kanan) yaitu 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematis, model kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI), Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:42
Last Modified: 17 Sep 2024 01:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70131

Actions (login required)

View Item View Item