AZZAHRA ARDELIA DEWI, 205050004 (2024) MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPENENDED BERBANTUAN CLASSDOJO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana peningkatan dan hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy pada siswa SMA dipengaruhi oleh penggunaan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis rancangan Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di SMA Telkom Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling yang kemudian kelas XI IPA 3 dijadikan kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy sebagai alat pengumpulan data. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajara konvensional (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Kata Kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, open-ended, model problembased learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 03:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70122 |
Actions (login required)
View Item |