MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPENENDED BERBANTUAN CLASSDOJO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA

AZZAHRA ARDELIA DEWI, 205050004 (2024) MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPENENDED BERBANTUAN CLASSDOJO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana peningkatan dan hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy pada siswa SMA dipengaruhi oleh penggunaan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis rancangan Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di SMA Telkom Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling yang kemudian kelas XI IPA 3 dijadikan kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy sebagai alat pengumpulan data. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajara konvensional (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Kata Kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, open-ended, model problembased learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2024 03:58
Last Modified: 14 Sep 2024 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70122

Actions (login required)

View Item View Item