AZZAHRA ARDELIA DEWI, 205050004 (2024) MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPENENDED BERBANTUAN CLASSDOJO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
  | 
            
              
Text
 1. COVER DEPAN.pdf Download (55kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (482kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 6. ABSTRAK.pdf Download (20kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 8. BAB I.pdf Download (404kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview  | 
          |
| 
              
Text
 10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB)  | 
          ||
| 
              
Text
 11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB)  | 
          ||
| 
              
Text
 12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB)  | 
          ||
  | 
            
              
Text
 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana peningkatan dan hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy pada siswa SMA dipengaruhi oleh penggunaan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis rancangan Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di SMA Telkom Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling yang kemudian kelas XI IPA 3 dijadikan kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy sebagai alat pengumpulan data. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajara konvensional (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan ClassDojo. Kata Kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, open-ended, model problembased learning
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 | 
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni | 
| Date Deposited: | 14 Sep 2024 03:58 | 
| Last Modified: | 14 Sep 2024 03:58 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70122 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        