NURHALIZA INDA, 205040003 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMAN 14 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING DAN PENGUJI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Berpikir kritis adalah suatu siklus yang terkoordinasi untuk pelatihan psikologis, misalnya menangani suatu permasalahan, mengambil keputusan, membedah perselisihan, dan memimpin pengujian logika. (Yuni. 2021). Berpikir kritis dapat diukur dengan framework Robert Ennis. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi ethno-edugames terhadap peningkatan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 14 Bandung. Desain penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experiment (one group pretest-postest design) yaitu menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang akan diuji pre-test dan post-test sebanyak 50 soal menggunakan aplikasi ethno-edugames. Hasil penelitian kelas eksperimen menggunakan uji Shapiro Wilk menunjukkan bahwa nilai Sig. pretest yaitu 0,104 > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Untuk nilai Sig. posttest yaitu 0,148 > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 4 terhadap implementasi media pembelajaran ethno-edugames pada materi sistem koordinasi. Hasil perhitungan N- Gain sebesar 0,8379 yang termasuk kategori tinggi, artinya terdapat keefektifan penggunaan aplikasi ethno-edugames terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Persentase rata – rata indikator berpikir kritis siswa memperoleh hasil 63,50% untuk memberikan penjelasan sederhana termasuk kategori baik, 61,00 % untuk membangun keterampilan dasar termasuk kategori baik, 56,45% untuk menyimpulkan termasuk kategori cukup, 53,40% untuk membuat penjelasan lebih lanjut termasuk kategori cukup, dan 56,20 % untuk mengatur strategi dan taktik termasuk kategori cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media pembelajaran ethno-edugames dapat memberikan pengaruh efektif terhadap pembelajaran siswa kelas XI MIPA 4 pada materi sistem koordinasi. Kata Kunci: Aplikasi ethno-edugames, Sistem Koordinasi, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69842 |
Actions (login required)
View Item |