PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI KASTIL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

HAYATI RINDIANI, 205060040 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI KASTIL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, yang dapat mengakibatkan kurangnya motivasi peserta didik dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan bantuan aplikasi kastil terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 017 Sekejati Kota Bandung yang berjumlah 56 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas IVB (28 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA (28 orang) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, analisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan software SPSS versi 25 menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan N-gain ternormalisasi, dengan hasil 0.71 untuk kelas eksperimen dan 0.32 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 1.10, yang diinterpretasikan sebagai kategori sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan bantuan aplikasi kastil memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aplikasi Kastil.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:49
Last Modified: 29 Aug 2024 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69640

Actions (login required)

View Item View Item