Nurhayati, 205060153 (2024) PANGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojongmanggu Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (867kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, maka perlu dilakukan pembaharuan pada hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran; (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematis peserta didik; (3) mengetahui peningkatkan hasil belajar matematis peserta didik; (4) serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media audio visual dalam pembelajaran Matematika pada materi bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Bojongmanggu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen, dan desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes berupa soal tes sebanyak 5 butir soal dalam bentuk esai, dan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran proses pembelajaran di kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. (2) Hasil uji nilai rata-rata dinyatakan berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan nilai sig 2. (Tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (3) Terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 55% dan terdapat peningkatan pada kelas kontrol sebesar 35%. (4) berdasarkan hasil olah data efect size dengan menggunakan rumus Cohen’d, didapatkan hasil sebesar 2,488. Nilai tersebut termasuk dalam kategori interpretasi efek yang besar. Melalui hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Bojongmanggu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learing (PBL), Audio Visual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:36 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69582 |
Actions (login required)
View Item |