PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

SARI PUSPITA PERMATA, 205060024 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi gaya pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendah nya hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar matematika antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN Tanjungwangi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 44 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan non tes. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar matematika dengan menghasilkan rata-rata nilai posttest pada kelas ekperimen sebesar 79,68 sedangkan nilai pretest sebesar 45,27. Sedangkan pada kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata sebesar 65.00 untuk hasil posttest, dan untuk pretest sebesar 43,14. Diketahui bahwa hasil nilai signifikansi (2-tailed) pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,00 < 0,05. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diberikan perlakuan dengan yang tidak diberikan perlakuan. Selanjutnya dilakukan Uji Effect Size, menghasilkan hasil sebesar 1,25 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Problem Based Lerning, Quizizz, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:31
Last Modified: 12 Aug 2024 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69514

Actions (login required)

View Item View Item