PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Istiqomah Ismi, 205060192 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep mata matematika peserta didik di SDN 1 Cipeundeuy dikarenakan peserta didik menganggap pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sukar. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana metode belajar mengajar kontekstual mempengaruhi pemahaman siswa terhadap gagasan Cipeundeuy Kelas II SDN 1. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol yang tidak setara dengan gaya kuasieksperimental. Sebanyak 89 siswa Kelas II SDN 1 Cipeundeuy merupakan objek yang dipekerjakan dalam penelitian ini. Dua kelompok merupakan subjek penelitian: Kelas II B , yang mencakup hingga 28 siswa sebagai kelas eksperimen, dan Kelas II A, yang mencakup hingga 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Strategi belajar mengajar kontekstual adalah perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen. Temuan studi tersebut menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam belajar mengajar mempengaruhi pengetahuan konseptual siswa di sekolah dasar kelas dua. Berdasarkan ukuran pengaruh tes sebesar 1,11 dan interpretasinya dalam kategori utama, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji t sampel independen uji menghasilkan nilai hitungan t sebesar 0,001, yang menunjukkan bahwa jika 0,001 kurang dari 0,05, maka H0 ditolak. Ini menunjukkan efeknya. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan substansial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pemahaman gagasan matematika yang didukung oleh peserta didik Quiziz. Dampak pemahaman peserta didik terhadap topik matematika dengan bantuan Quiziz posttest antara kelas eksperimen dan kontrol Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:40
Last Modified: 31 Jul 2024 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69427

Actions (login required)

View Item View Item