Istiqomah Ismi, 205060192 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep mata matematika peserta didik di SDN 1 Cipeundeuy dikarenakan peserta didik menganggap pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sukar. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana metode belajar mengajar kontekstual mempengaruhi pemahaman siswa terhadap gagasan Cipeundeuy Kelas II SDN 1. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol yang tidak setara dengan gaya kuasieksperimental. Sebanyak 89 siswa Kelas II SDN 1 Cipeundeuy merupakan objek yang dipekerjakan dalam penelitian ini. Dua kelompok merupakan subjek penelitian: Kelas II B , yang mencakup hingga 28 siswa sebagai kelas eksperimen, dan Kelas II A, yang mencakup hingga 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Strategi belajar mengajar kontekstual adalah perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen. Temuan studi tersebut menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam belajar mengajar mempengaruhi pengetahuan konseptual siswa di sekolah dasar kelas dua. Berdasarkan ukuran pengaruh tes sebesar 1,11 dan interpretasinya dalam kategori utama, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji t sampel independen uji menghasilkan nilai hitungan t sebesar 0,001, yang menunjukkan bahwa jika 0,001 kurang dari 0,05, maka H0 ditolak. Ini menunjukkan efeknya. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan substansial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pemahaman gagasan matematika yang didukung oleh peserta didik Quiziz. Dampak pemahaman peserta didik terhadap topik matematika dengan bantuan Quiziz posttest antara kelas eksperimen dan kontrol Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69427 |
Actions (login required)
View Item |