PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL

FAHIRA SYIFA, 205050045 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
10.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall; 4) efektifitas model discovery learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Bandung tahun pelajaran 2023-2024 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model discovery learning berbantuan wordwall dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-regulated learning yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan bantuan Software SPSS 27 For Windows. Hasil penelitian menunjukan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) terdapat korelasi postif kuat antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall; 4) efektifitas model discovery learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemahman konsep matematis siswa tergolong kategori besar. Kata Kunci: discovery learning, wordwall, pemahaman konsep, self-regulated learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:25
Last Modified: 29 Jul 2024 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69409

Actions (login required)

View Item View Item