FAHIRA SYIFA, 205050045 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
  | 
            
              
Text
 1. COVER DEPAN.pdf Download (154kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (667kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 5. ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 7. BAB I.pdf Download (556kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 8. BAB II.pdf Download (346kB) | Preview  | 
          |
| 
              
Text
 9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB)  | 
          ||
| 
              
Text
 10.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB)  | 
          ||
| 
              
Text
 11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB)  | 
          ||
  | 
            
              
Text
 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall; 4) efektifitas model discovery learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Bandung tahun pelajaran 2023-2024 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model discovery learning berbantuan wordwall dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-regulated learning yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan bantuan Software SPSS 27 For Windows. Hasil penelitian menunjukan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) terdapat korelasi postif kuat antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall; 4) efektifitas model discovery learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemahman konsep matematis siswa tergolong kategori besar. Kata Kunci: discovery learning, wordwall, pemahaman konsep, self-regulated learning
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 | 
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni | 
| Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:25 | 
| Last Modified: | 29 Jul 2024 06:25 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69409 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        