PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SD

ANNISA, MUTIARA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI COVER MUTIARA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan & penguji mutiara annisa.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1 MUTIARA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 2 MUTIARA.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB 3 MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5 MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA MUTIARA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, banyak peserta didik yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi mereka matematika adalah pembelajaran yang menyulitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yakni peserta didik kelas III SD Negeri 1 Cipeundeuy, sedangkan objeknya adalah kelas III B dan III C, kelas tersebut dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana atas pertimbangan para guru dari pihak sekolah dan setelah diuji kelas tersebut juga memiliki tingkat kemampuan pehamahan konsep matematis yang setara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pretest, posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t dua sampel bebas menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol; dengan nilai signifikansi 2-tailed 0.011 < 0.05, Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen bernilai 80% sedangkan pada kelas kontrol bernilai 57%, artinya kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang menggubakan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, untuk menghitung seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall digunakan uji effect size dan mendapatkan nilai 0.82 yang termasuk kedalam kategori berefek besar. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall juga memiliki pengaruh dan efek yang besar bagi peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, model problem based learning dan aplikasi wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:52
Last Modified: 26 Jul 2024 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69388

Actions (login required)

View Item View Item