FATHIN NADIA NURULITA, 205050036 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (683kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (521kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan disposisi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam peneltian yaitu soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi nmatematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software SPSS Statistic 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan disposisi maetematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra, dengan koefisien korelasi dari sampel r = 0,549 yang berarti korelasinya sedang. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Geogebra, Pemecahan Masalah Matematis, Problem-Based Learning (PBL).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69362 |
Actions (login required)
View Item |