PUTRI SARAH ANIDA, 205060186 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI PHET TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (909kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, pencapaian, peningkatan, dan pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi PhET terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas III.1 dan 32 peserta didik kelas III.2. Untuk memperoleh sampel tersebut, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan software IBM SPSS Statistics 2.6 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t, uji Mann-Whitney U, dan uji hipotesis n-gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi PhET berjalan dengan baik. Dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen serta ada perbedaan yang signifikan antara posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen antara kemampuan peserta didik dalam belajar memahami konsep matematika sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi PhET. Ada perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dari hasil uji gain yaitu 0.36 kategori sedang dan uji hipotesis gain ternormalisasi. Ada pengaruh peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dari hasil uji effect size sebesar 1.12 termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi PhET memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SDN Pancasila Lembang. Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), PhET, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:46 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69318 |
Actions (login required)
View Item |