PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas V SD Al-Falah Boarding School Cicalengka)

NURSA’DIAH ALPINA SITI, 205060065 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas V SD Al-Falah Boarding School Cicalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V SD Al-Falah Boarding School Cicalengka. Dan penggunaan teknologi telah menjadi pendukung pembelajaran dimasa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila berbantuan aplikasi wordwall. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 peseta didik VA (eksperimen) dan 27 peserta didik kelas VB (kontrol). Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen adalah model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dan perlakuan yang diberikan kepada kelas kontrol adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, pretest serta posttest dan dianalisis dengan uji analisis deskriptif, analisis inferensial, uji gain ternormalisasi dan effect size menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik dilihat dari nilai rata-rata aktivitas obeservasi guru yakni mendapat skor 79,54% sedangkan rata-rata aktivitas peserta didik mendapat skor 70,45%. Hasil kedua skor tersebut masuk kedalam kategori baik dalam pembelajaran model problem based learning. Selain itu terdapat perbedaan dan peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model ini. Hal ini dilihat dari uji paired sample t test posttest kedua kelas sebesar <0,001, uji gain ternormalisasi kelas eksperimen 0,7060 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,1941 dan pengaruhnya yang dilihat dari uji effect size yakni sebesar -4.051. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan perlakuan khusus terhadap kemampuan berpikir kritisnya, namun tidak terdapat pengaruhnya karena jumlah sampel yang kecil. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Wordwall, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:48
Last Modified: 16 Jul 2024 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69315

Actions (login required)

View Item View Item