PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI LEVEL KAM

Virgianti, Elina (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI LEVEL KAM. Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Artikel Tesis Elina Virgianti (218060014).docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran dengan model reciprocal teaching dan direct instruction terhadap peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis siswa ditinjau dari level KAM. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain factorial 3 x 2. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMK Taruna Sakti Purwakarta. Sampel yang dipilih dua kelas yang setara ditinjau dari kemampuan akademik dari semua kelas XI, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang dapat mewakili subjek tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal kemampuan koneksi matematis tipe uraian. Analisis hasil data menggunakan uji Anova Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang belajar dengan model reciprocal teaching dan direct instruction, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara KAM (tinggi, sedang, rendah) yang belajar dengan model reciprocal teaching, dan tidak terdapat efek interaksi antara model reciprocal teaching dengan KAM. Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, Direct Instruction, Kemampuan Koneksi Matematika, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:35
Last Modified: 10 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69063

Actions (login required)

View Item View Item