DARAJAT SUDEWA RIDZKI, 195060160 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen di SD Negeri 1 Langensari Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam pelajaran matematika dengan penggunaan model pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang dalam pemahaman matematika dan respon siswa kurang dalam memperhatikan yang dibuktikan dengan rendahnya hasil tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan pemahaman pembelajaran matematika antara kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model discovery learning terhadap peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desgin. Sampel yang ada pada penelitian ini ialah siswa kelas V SD N 1 Langensari terdiri dari 2 kelas yaitu V A kelas kontrol dan kelas V B kelas eksperimen dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian menggunakan tes dan observasi. Tes pretest dan posttest yang diberikan kepada kelas sampel penelitian berupa soal sama dan lembar observasi pemahaman. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Sample Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16, didapat hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan uji Ngain, didapatkan nilai rata-rata 0,72 > 0,7 memiliki efek tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman matematika lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional. Kata kunci: Pemahaman Matematika, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 06:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68021 |
Actions (login required)
View Item |