PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN YANG BERORIENTASI PADA PENGEMBANGAN ALUR PADA SISWA KELAS XI SMAN 15 BANDUNG

YOLANDA ANISSA, 185030071 (2023) PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN YANG BERORIENTASI PADA PENGEMBANGAN ALUR PADA SISWA KELAS XI SMAN 15 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan pengembangan alur cerpen siswa kelas XI SMAN 15 Bandung dengan menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran. Masalah yang diangkat meliputi kemampuan penulis dalam menerapkan metode resitasi, kemampuan siswa dalam pengembangan alur cerpen, dan efektivitas metode resitasi dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain, dengan sumber data dari 58 siswa atau 2 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan melakukan tes sebanyak dua kali di setiap kelas, baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dalam pembelajaran menulis cerpen berorientasi pada pengembangan alur pada siswa kelas XI SMAN 15 Bandung dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan hasil dari tugas penulisan cerpen dapat disampaikan dan dipertanggungjawabkan secara efektif. Dengan demikian, penerapan metode resitasi dalam pembelajaran menulis cerpen berorientasi pada pengembangan alur cerpen dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan menulis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Penerapan metode resitasi, Keterampilan menulis cerpen, Pengembangan alur cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:03
Last Modified: 10 Oct 2023 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67071

Actions (login required)

View Item View Item