DEWANATA, RENALDI, 195060121 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN KAHOOT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 042 GAMBIR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep siswa merupakan suatu kendala bagi siswa terutama dalam pelajaran matematika. Begitu juga dengan pola pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru dengan model pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran konvensional. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahahaman siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan Kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest dan Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 042 Gambir Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Dengan siswa pada kelas VA berjumlah 20 dan siswa di kelas VB berjumlah 20 orang. Kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri dilaksanakan di kelas VB dan kelas kontrol dilaksanakan di kelas VA.Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis data dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian di uji dengan mengunakan uji normalitas dengan hasil > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, uji homogenitas sebesar 0,308 > 0,05, serta uji hipotesis dengan independent sample t test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000. Sesuai dengan ketentuan yang menyatakan jika 0,000 < 0,005 maka peningkatan kemampuan pemahaman siswa melalui model inkuiri berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hal itu juga dibuktikan dengan hasil uji keefektifan pembelajaran dengan menggunakan uji effect size sebesar 1,36 > 0,8 dengan interpretasi besar. Maka dapat disimpulkan menjadi tiga yaitu 1) proses pelaksanaan model pembelajan inkuiri berbantuan Kahoot berjalan sesuai prosedur dalam memberikan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap materi pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; 3) model pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 042 Gambir. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Kahoot, Model Pembelajaran Inkuiri, pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 06:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 06:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66931 |
Actions (login required)
View Item |