PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT WILAYAH KABUPATEN SUBANG

SEPTIAN RAHARJA, NPM. 138010057 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT WILAYAH KABUPATEN SUBANG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL TESIS SEPTIAN RAHARJA.docx

Download (56kB)

Abstract

Peneltian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu kualitas pelayanan yang rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya aspek-aspek Kompetensi pegawai secara menyeluruh pada kantor Dinas Pendapatan Cabang Pelayanan Kabupaten Subang. Pendekatan dalam penelitian tentang kompetensi pegawai dan kualitas pelayanan dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah ilmu administrasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekplanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena social, yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti pengaruh Kompetensi pegawai (X) sebagai variabel bebas terhadap kualitas pelayanan (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui penggunaan metode analisis jalur (Path Analysis) yang dimaksud untuk mengetahui besaran pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Pendapatan Cabang Pelayanan Kabupaten Subang. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, kompetensi pegawai (X) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 78,0 %. Adapun pengaruh variabel lain (ԑ) terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 22,0 % sedangkan secara parsial, pengaruh kompetnsi pegawai (X) yang terdiri dari 3 (tiga) aspek kompetensi pegawai yang meliputi : aspek faktor pengetahuan (X_1) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 26,6 %. Aspek faktor keterampilan (X_2) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 37,4 % dan aspek faktor sikap (X_3) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 14,0 %. Dari tiga aspek kompetensi pegawai, yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap kualitas pelayanan kantor Dinas Pendapatan Cabang Pelayanan Kabupaten Subang, yaitu aspek faktor keterampilan (X_2) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 37,4 %.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Jul 2016 19:28
Last Modified: 26 Jul 2016 19:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item View Item