PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA

AZZAHRA, DITYA MI’ROJUNISA, 195050037 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Symmetry_Ditya Mi'rojunisa Azzahra.pdf

Download (882kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan bagian penting dalam pendidikan. Diperlukan kemampuan untuk memahami ide ide sederhana agar siswa tidak salah mengartikan berbagai konsep, kemampuan tersebut yaitu kemampuan pemahaman matematis. Untuk mengaitkan konsep-konsep dalam matematika maka diperlukan self-regulated learning dalam menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman matematis dan self-regulated learning siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self-regulated learning adalah model problem based learning berbantuan canva. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahuiself-regulated learning yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-regulated learning yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan canva. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Peserta didik kelas XI di SMAN 1 Cililin ditetapkan sebagai populasi. Untuk sampel penelitinnya terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan non tes angket self-regulated learning. Analisis data menggunakan analisis uji t yang diolah menggunakan software SPSS 23 for windows. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self-regulated learning yang memperoleh model problem-based learning berbantuan canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis dengan self-regulated learning yang memperoleh model problem-based learning berbantuan canva. Kata Kunci : problem based learning, canva, pemahaman matematis, self-regulated learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:39
Last Modified: 29 Aug 2023 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64839

Actions (login required)

View Item View Item