PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SD KELAS V MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN METODE MATH BINGO

NURASYIFA, SALSABILA (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SD KELAS V MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN METODE MATH BINGO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa di SDN Ciwaruga 1. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan metode math bingo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Ciwaruga 1 sebanyak 51 Siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan metode Math bingo dan kelas VB sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji Mann-Whitney, dan uji Ngain. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan metode math bingo lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model dan metode konvensional. Kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 59.43 dari nilai ratarata pretest dan posttest yaitu 46,88 menjadi 79,00, sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 39.02 dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 44,88 menjadi 67.52. Berdasarkan uji Mann-Whitney, dengan nilai signifikansi Ngain sebesar (sig. 2-tailed) !,!!! # = 0 (sig < 0,05), yang berarti peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan metode math bingo lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model Kooperatif Tipe STAD, Metode Math Bingo.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:04
Last Modified: 08 Aug 2023 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64625

Actions (login required)

View Item View Item