PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI CITALEM (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV)

Watari, Ade Nindi, 185060007 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI CITALEM (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah yang ada dikelas IV SD Negeri Citalem adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Citalem kelas IV. Jenis penelitian ini termasuk quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas IV B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas IV A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebanyak 32 siswa yang tuntas, sedangkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 7 siswa yang tuntas dari KKM yang ditentukan sebesar 70, (2) Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Independent Sample T-Test diperoleh hasil 0,000 < 0,05. Dengan perolehan hasil rata-rata kelas eksperimen rerata 14,2 sedangkan kelas kontrol rerata 12,4. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan pada kelas kontrol model konvensional. (3) dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen menunjukan nilai NgainScore dimana berada pada range 44%-90% dengan rata-rata nilai Ngainscorenya adalah 64,65%. Sedangkan pada model pembelajaran konvensional dari nilai rata-rata pretest dan posttest secara berturut-turut sebesar 49,5 dan 56 memiliki nilai NgainScore pada range 11,11,%-45-45% dan dengan rata-rata nilai NgainScore sebesarr 26,73%. Kata kunci: Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:54
Last Modified: 17 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63447

Actions (login required)

View Item View Item