DIANTI, SRI MILENIA RAHM A, 185050009 (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY BASED LEARNING BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (Penelitian Kuasi Eksperimen di MTs Karya Pembangunan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover fix.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fix.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan penalaran deduktif matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran deduktif matematis yang dimiliki oleh siswa masih rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa salah satunya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Inquiry Based Learning (IBL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran deduktif matematis antara siswa yang mendapatkan model PBL dengan IBL berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs Karya Pembangunan. Sampel pada penelitian ini sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII A sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen I yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning, kelas VIII B sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen II yang mendapat model pembelajaran Inquiry Based Learning dan kelas VIII C sebanyak 34 siswa sebagai kelas konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model Inquiry Based Learning, Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa dengan Kemampuan Awal Matematis tinggi, sedang, dan rendah antara yang memperoleh model Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning. Kata Kunci: Penalaran Deduktif Matematis, Problem Based Learning, Inquiry Based Learning, Kemampuan Awal Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:24 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61203 |
Actions (login required)
View Item |