PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP

RUMAISHA, SHAFIYAH AR, 185050029 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran dalam standar isi dan NCTM yang belum berhasil atau belum sesuai dengan harapan adalah kemampuan komunikasi matematis. Problem-Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang didasarkan pada masalah yang akan membuat siswa berpikir kritis, dengan berbantuan video interaktif membantu siswa ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan video interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL tanpa berbantuan video interaktif; (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model PBL berbantuan video interaktif terhadap kecemasan matematis siswa; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan video interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 48 Bandung yang terdiri dari dua kelas. Pada kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PBL berbantuan video interaktif dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang memperoleh model PBL tanpa berbantuan video interaktif. Adapun objek pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan video interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL tanpa berbantuan video interaktif; (2) Terdapat pengaruh model PBL berbantuan video interaktif terhadap kecemasan matematis siswa; (3) Terdapat korelasi dengan kriteria sedang antara kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan video interaktif. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, kecemasan matematis, model Problem-Based Learning (PBL), video interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:02
Last Modified: 11 Nov 2022 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61083

Actions (login required)

View Item View Item