Ambia, Fatiya Permata (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE (Studi Eksperimen di kelas III SDN 042 Gambir Kota Bandung, Kecamatan Batununggal). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III SD melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III di SDN 042 Gambir Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa dengan jumlah 25 siswa pada kelas III-B dan 25 siswa pada kelas III-C. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas III-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan desain penelitian Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Tes terdiri dari Pretest dan Posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah pilihan ganda dan uraian. Setelah mendapatkan data, peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil uji T yang didapatkan yaitu 0,000. Berdasarkan ketentuan yang berlaku hasil uji 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata posttest siswa di kelas eksperimen sebesar 82,68 dan rata-rata posttest di kelas kontrol sebesar 62,64. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: picture and picture, hasil belajar matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60522 |
Actions (login required)
View Item |