PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN CV GUNUNG TAJAM BELITUNG

Cika Wulandari, 182040022 (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN CV GUNUNG TAJAM BELITUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 3 bahasa.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

CV. Gunung Tajam beralamat di Belitung adalah salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah berjalan dibidang perdagangan berupa depot air minum isi ulang yang berdiri pada tahun 2000. Berdasarkan penelitian di CV. Gunung Tajam ditemukan beberapa masalah yaitu volume penjualan dan pendapatan laba perusahaan mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuisioner, observasi dan wawancara. Kuisioner disebarkan kepada seluruh beberapa agen yaitu sebanyak 20 orang, sehingga teknik pengambilan sampel adalah secara sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas produk di CV. Gunung Tajam berada pada taraf yang baik namun belum terlaksana dengan optimal. Hal ini berpengaruh pada tingkat volume penjualan dan pendapatan laba perusahaan. Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas produk terhadap volume penjualan pada CV Gunung Tajam yaitu ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 0,456 + 0,981 x + e, artinya apabila tingkat kualitas produk dilakukan dengan baik dan optimal maka volume penjualan akan meningkat, tetapi apabila tingkat kualitas produk dilakukan dengan kurang optimal maka volume pejualanan akan menurun. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,851 dan koefisien determinasi 72.4 %. Dengan demikian kualitas produk mempengaruhi volume penjualan sebesar 72.4 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti seperti kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan kinerja perusahaan. Hambatan-hambatan yang dihadapi CV Gunung Tajam antara lain cuaca mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan, komponen mesin yang rusak menghambat proses produksi dan distribusi, terbatasnya galon yang beredar. Adapun usaha yang telah dilakukan CV Gunung Tajam antara lain menyediakan mesin yang lebih canggih untuk menghasilkan air yang lebih jernih, menyetok komponen mesin yang mudah rusak agar tidak mengganggu proses produksi dan distribusi, memproduksi galon baru untuk diedarkan, menambah ukuran kemasan air yang dibutuhkan konsumen. Kata Kunci: Kualitas Produk, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:30
Last Modified: 28 Oct 2022 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60274

Actions (login required)

View Item View Item