YULIYANTI, DWI LUTHFIAH, 185050058 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
Text
17. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan koneksi matematis masih rendah di kalangan peserta didik di Indonesia. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan Self-regulated Learning siswa adalah Missouri Mathematics Project. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Media Geoboard lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui apakah Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Media Geoboard lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Media Geoboard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Adapun subjek penelitian ini dipilih secara acak sebanyak dua kelas yaitu, kelas 7D sebagai kelas eksperimen dan 7E sebagai kelas kontrol di SMPN 9 Kota Serang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan koneksi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pre-test dan posttest), dan instrumen non-tes berupa angket Self-regulated Learning. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pre-test dan post-test melalui software SPSS 26. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Geoboard lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Geoboard lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan Self-regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Geoboard. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Missouri Mathematics Project, Selfregulated Learning, Geoboard.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 06:13 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 06:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58910 |
Actions (login required)
View Item |