PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

AYUNI, ANITA, 185050066 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) mengetahui pencapaian self-confidence yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-confidence siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGII 1 BANDUNG. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education dan Kelas VII A sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-confidence. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) pencapaian self confidence siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, dan Pendekatan Realistic Mathematics Education.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:47
Last Modified: 03 Sep 2022 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58839

Actions (login required)

View Item View Item