PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS MOBILE LEARNING BERBANTUAN KAIZALA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Kusmayati, NPM : 198060017 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS MOBILE LEARNING BERBANTUAN KAIZALA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal PJME_KUSMAYATI_198060017.docx

Download (875kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar materi program linear berbasis mobile learning dengan berbantuan aplikasi kaizala yang layak digunakan untuk pembelajaran; (2) Menganalisis kemampuan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan bahan ajar program linear Berbasis Mobile Learning; (3) Menganalisis kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Bahan Ajar program linear erbasis mobile learning; (4) Menganalisis adanya hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah Reaserch & Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada 24 siswa di SMK Kimia Permentasi Bandung. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bahan ajar pada materi program linear termasuk kategori sangat layak dari ahli materi, sangat layak dari ahli media, dan sangat kuat untuk hasil analisis respon siswa; (2) Kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam kategori tinggi setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori “sebagian besar” siswa telah mandiri dalam belajar setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (4) Terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Bahan ajar, mobile learning , kemampuan komunikasi matematis, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:08
Last Modified: 20 Aug 2022 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58472

Actions (login required)

View Item View Item