OPTIMISASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN HIBRIDA METAHEURISTIK PADA PERUSAHAAN PT. XYZ

Fitrahadi, Fikri (2020) OPTIMISASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN HIBRIDA METAHEURISTIK PADA PERUSAHAAN PT. XYZ. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
153010162_FIKRI FITRAHADI_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT.XYZ merupakan sebuah jaringan usaha yang menaungi beberapa unit bisnis yang berfokus pada bisnis ritel di indonesia seperti pada umumnya yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan jumlah ritel sebanyak 35 yang tersebar di Kota bandung. Pada saat ini kegiatan distribusi dalam melayani setiap ritelnya perusahaan menerapkan dengan pola acak yang tidak memperhatikan jarak ritel yang akan dituju, selain itu Kendaraan yang digunakan perusahaan saat ini sebanyak 47 unit dan setiap ritel dilayani dengan satu kendaraan angkutan barang sehingga apabila ditotalkan jarak yang harus di tempuh dengan keseluruhan ritel yang dilayani sekitar 650,9 Km. Hal ini juga mengakibatkan dampak terhadap emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kedanraan angkutan barang dengan total jarak yang harus dilawati masih sangat jauh. Permasalahan yang telah dipaparkan tersebut berkaitan dengan perutean kendaraan sehingga diperlukan rute yang mampu mengahasilakan jarak tempuh yang optimal. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka langkah awal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menentukan rute awal untuk mendapatkan rute dari gudang pusat ke setiap ritel yang tersebar dengan menghasilkan jarak tempuh sejauh 402,25 Km. Setelah rute awal didapatkan, rute tersebut dijadikana sebagai inisialisasi rute untuk melakukan optimisasi agar menghasilkan solusi alternatif untuk menghasilkan rute optimal dengan menggunakan hibrida metaheuristik yang menggabungkan dua metode metaheuristik yaitu genetic algorithm dan simulated annealing. Berdasarkan penelitian maka dapat diperoleh rute dengan total jarak tempuh yang lebih optimal dengan menggunakan hybrid genetic algorithm-simulated annealing dibandingkan dengan kondisi eksiting yaitu dapat menghasilkan jarak tempuh Km sehingga memperoleh efisiensi sebesar 72%. Setelah mendapatkan rute optimal, hal ini juga berdampak terhadap total emisi gas buang yang dihasilkan oleh kedaraan perharinya dengan memperoleh efisiensi sebesar 99% dari kondisi eksisting. Kata Kunci :Insertion Heuristic, Algoritma Genetika, Simulated Annealing, Hybrid Genetic Algorithm-Simulated Annealing, Emisi Gas Buang Kendaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2020
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 17 May 2022 07:45
Last Modified: 17 May 2022 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57501

Actions (login required)

View Item View Item