Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning (Bbl) dengan Strategi Konflik Kognitif

Fajar Ridwanulloh, NPM : 188060001 (2022) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning (Bbl) dengan Strategi Konflik Kognitif. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Fajar Ridwanulloh.docx

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud menganalisis penerapan pembelajaran model Brain based learning dan Brain based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif . Menggunakan metode campuran (mixed methods) tipe Embedded Design dengan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Plus Al-Aqsha tahun pelajaran 2020/2021 dan mengambil sampel 3 kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan, kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil tes diolah untuk memperoleh data N-Gain, selanjutnya diuji menggunakan uji normalitas, independent sample t-test, uji Mann Whitney, uji ANOVA satu jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Penerapan pembelajaran model brain based learning dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan, dan terdapat perbedaan peningkatan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model brain based learning dengan strategi konflik kognitif, dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci: Brain based learning, Berpikir kreatif, Konflik kognitif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:21
Last Modified: 26 Apr 2022 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57056

Actions (login required)

View Item View Item