ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH

RAMADHAN, DEKKY SEPTIA, 175060138 (2022) ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DEKKY 1 - COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEKKY 2 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEKKY 5 - ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEKKY 9 - BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEKKY 10 - BAB II.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
DEKKY 11 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
DEKKY 12 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
DEKKY 13 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DEKKY 14 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar, dimana kita semua pasti telah mengetahui bahwa siswa sekolah dasar kelas rendah tentunya belum semua bisa atau belum lancar membaca, sehingga mau tidak mau orang tua harus berperan aktif dalam pendidikan anak meningkatkan kemampuan membaca anaknya masing-masing. Tetapi pada kenyataannya masih banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjannya masing-masing sehingga kegiatan mebimbing anak belajar dirumah kurang diperhatikan dan ada juga orang tua yang kurang memahami materi pembelajaran anaknya masing-masing. Tujuan penelitian ini ialah mengkaji study literatur mengenai pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yang dilakukan secara deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan orang tua dalam kemampuan membaca anaknya dilihat dari cara orang tua tersebut membuat jadwal kegiatan belajar dirumah dengan baik, menciptakan suasana yang menyenangkan ketika mebimbing anaknya belajar, memberikannya perhatian dan selalu menyisihkan waktu untuk mebimbing anaknya belajar, serta memberi fasilitas belajar anak dan memberi suatu penghargaan ketika prestasi belajar anaknya meningkat yaitu dengan memberi tepuk tangan, pujian atau bisa memberikannya hadiah sehingga anak merasa bangga dan menjadi giat untuk belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan orang tua yang baik dan benar akan menimbulkan dampak yang baik bagi anak, selain membutuhkan bimbingan dari guru disekolah anak juga membutuhkan bimbingan dari orang tuanya masing-masing ketika berada dirumah. Kata Kunci: Membaca, Kemampuan Membaca, Bimbingan Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:46
Last Modified: 21 Jan 2022 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55346

Actions (login required)

View Item View Item