Strategi Manajemen Pembelajaran Berbasis Sistem Zonasi dalam Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 11 Bandung (Study kasus di SMA Negeri 11 Bandung)

Dhiah Kuswarini, NPM : 188020003 (2022) Strategi Manajemen Pembelajaran Berbasis Sistem Zonasi dalam Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 11 Bandung (Study kasus di SMA Negeri 11 Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL PENDIDIKAN_DHIAH K_2021.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan memahami bagaimana strategi manajemen pembelajaran di SMA Negeri 11 Bandung untuk meningkatkan mutu pendidikan di tengah kebijakan sistem zonasi yang diberlakukan oleh pemerintah. Penerapan sistem zonasi, berdasarkan studi awal memang memiliki dampak positif dan sekaligus negatif bagi sekolah yang menjalankannya. Secara keseluruhan dampak positif ataupun negatif dari penerapan sistem zonasi ini tidak saja berkaitan dengan eksistensi sekolah negeri di masa mendatang, tapi juga pemerataan akses pendidikan dan upaya peningkatan mutu pendidikan. Secara khusus, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun teori yang digunakan; pertama, management theory dari Stephen P. Robbins dan Mary Coulter menyatakan bahwa manajemen berakar pada fungsi dasar yang mencakup; perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Kedua, educational management dari Harry Tomlinson menyatakan bahwa proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian bertujuan untuk memberdayakan segenap sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien. Ketiga, juran’s quality handbook dari Joseph M. Juran & A. Balnton Godfrey menyatakan bahwa perencanaan, pengendalian dan peningkatan mutu merupakan upaya perbaikan berkelanjutan, yang memokuskan pada pemenuhan kebutuhan, harapan, dan kepuasan pelanggan. Keempat, sistem zonasi dari Kemendikbud menyatakan bahwa penerimaan peserta didik merupakan bentuk layanan pendidikan bermutu secara merata pada suatu kawasan tertentu, sehingga masyarakat bisa mengakses sekolah terbaik secara lebih mudah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan bermutu dilakukan dengan seleksi ketat berbasis nilai untuk peserta didik baru. Penetapan kriteria seleksi peserta didik baru yang berada di cluster pendidikan yang sama dengan SMA Negeri 11 Bandung sebanyak 50 persen. Peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan terhadap peserta didik, disesuaikan dengan kondisi aktual hasil penerimaan peserta didik berdasarkan sistem zonasi. Hasil pendidikan berbasis zonasi secara umum bahwa kondisi aktual peserta didik tidak berpengaruh secara signifikan pada situasi pembelajaran yang diterapkan. Pembelajaran dengan sistem zonasi lebih banyak memberikan kesempatan pada masyarakat sekitar untuk mengakses layanan pendidikan di SMA Negeri 11 Bandung, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Perbedaan kemampuan peserta didik baru dengan nilai terbaik untuk kuota bebas dan peserta didik hasil kebijakan zonasi tidak menunjukkan perbedaan signifikan, karena guru mampu memberikan bimbingan dan pembelajaran yang optimal melalui model pembelajaran tertentu. Pemberlakukan sistem zonasi yang dilakukan SMA Negeri 11 Bandung, menuntut guru untuk bisa memberikan motivasi kepada peserta secara lebih intensif, terutama untuk mengatasi perbedaan kemampuan yang ditimbulkan dari penerapan sistem zonasi tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan sistem zonasi pada dasanrya lebih banyak berkaitan dengan persoalan pudarnya citra sekolah unggulan dan favorit di masyarakat, persoalan heterogenitas input pendidikan yang diterima oleh sekolah tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan yang ada, karena persoalan mutu sudah disadari sebagai kewajiban dan tuntutan normatif sekolah, baik sebelum ataupun sesudah penerapan strategi zonasi tersebut. Keywords: sistem zonasi, pembelajaran, mutu pendidikan 1

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:19
Last Modified: 20 Jan 2022 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55132

Actions (login required)

View Item View Item