DWIYANTI, WINDY, 175050040 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB I WINDY.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
09. BAB II WINDY.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III WINDY.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
||
Text
11. BAB IV WINDY.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
12. BAB V WINDY.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi litelatur yang memberikan informasi tentang pembelajaran matematika pada sekolah menengah pertama dengan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis melalui model problem based learning pada siswa SMP; (2) untuk mengetahui self confidence melalui model problem based learning pada siswa SMP; (3) untuk mengetahui efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP. Teknik analisis data menggunakan teknik deduktif, teknik induktif dan teknik interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Pada proses pembelajaran problem based learning membuat siswa lebih aktif berkomunikasi karena melalui model ini berlangsung diskusi dan presentasi; (2) model problem based learning dapat meningkatkan self confidence siswa SMP. Semakin siswa mempunyai self confidence yang tinggi maka akan membuat siswa termotivasi untuk belajar sehingga memperoleh prestasi yang memuaskan, akan tetapi jika siswa tidak memiliki self confidence dalam menyelesaikan soal matematika maka proses pembelajaran kurang efektif; (3) model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, karena proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis berkategori baik tidak mencapai 60% dari jumlah siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, komunikasi matematis, kepercayaan diri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:12 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53661 |
Actions (login required)
View Item |