STRATEGI KOMUNIKASI DUTA WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN CILACAP

Adelin Dwicahyani, 172050178 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DUTA WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN CILACAP. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ADELIN 172050178.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Strategi Komunikasi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Cilacap “ (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Pariwisata Pantai Teluk Penyu Di Kabupaten Cilacap). Fokus penelitian ini pada bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh duta wisata dalam mempromosikan pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses strategi komunikasi yang dilakukan oleh Duta Wisata, mulai dari strategi mengenal khalayak, strategi menentukan pesan, strategi menetapkan metode dan juga strategi seleksi dan penggunaan media. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strategi Komunikasi dari Anwar Arifin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan paradigma post positivisme dan pengumpulan data melalui beberapa tahapan, yaitu Studi Pustaka, Observasi, Wawancara kepada Duta Wisata Kabupaten Cilacap, Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disporapar Kabupaten Cilacap dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan. Berdasarkan hasil penelitian strategi komunikasi yang dilakukan mulai dari mengenal khalayak serta memilih khalayak yang berdomisili di Kabupaten Cilacap dengan rentang usia 15-26 tahun kemudian dalam kondisi yang sehat jasmani dan rohaninya sehingga dapat memahami strategi komunikasi yang dilakukan oleh duta wisata. Strategi dalam menentukan pesan, dimana bentuk pesannya informatif dan dilakukan secara persuasif. Strategi menetapkan metode yang digunakan oleh duta wisata melalui redundancy atau pengulangan pesan penting yang disampaikan kepada khalayak sasaran. Strategi seleksi dan penggunaan media melalui media cetak berupa booklet atau pamflet yang diberikan ditempat-tempat wisata sehingga membantu duta wisata dalam mencapai target tujuan promosi dalam mempromosikan pariwisata sehingga khalayak mengetahui tujuan wisata di Kabupaten Cilacap. Terlihat dari data jumlah kunjungan wisatawan dari sebelum adanya strategi komunikasi dengan sesudah diberlakukannya strategi tersebut ada peningkatan dalam jumlah kunjungan, dimana sebelumnya jumlah wisatawannya pada tahun 2011 sekitar 411 683,00 kemudian di tahun 2012 sebanyak 487 006,00 dan pada tahun 2013 turun menjadi 408 671,00. Setelah menggunakan strategi komunikasi pada tahun 2017 menjadi sebanyak 516 605,00 jumlah wisatawan sedangkan tahun 2018 ada penurunan 463 752,00 dan naik kembali di tahun 2019 yakni menjadi 513 873,00. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Duta Wisata, Promosi Pariwisata

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:10
Last Modified: 21 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53217

Actions (login required)

View Item View Item