Analisis Kesulitan dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Matematis Berbentuk Cerita Pada Siswa SMP Ditinjau dari Gender

Ratna Sari, NPM. 168060049 and H.M. Didi Turmudzi, Bana G Kartasasmita (2020) Analisis Kesulitan dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Matematis Berbentuk Cerita Pada Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Ratna Sari_MPM copy.docx

Download (29kB)

Abstract

Subjek pada penilitian ini adalah kelas VIII SMP sebanyak 32 siswa diantaranya adalah 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa kesulitan dan self efficacy siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis berbentuk soal cerita berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method qualitative design. Kemampuan penalaran dan self efficacy siswa menggunakan instrumen tes berupa soal cerita dan angket self efficacy yang dianalisa secara deskriptif. Sedangkan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan penalaran dan self efficacy siswa menggunakan uji statistika inferensial yaitu uji korelasi spearman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa perempuan lebih tinggi dari pada siswa laki-laki begitu pula dengan tingkat self efficacy siswa. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis dan self efficacy siswa namun memiliki arah yang positif. Kata Kunci: analisis kesulitan, kemampuan penalaran, self efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:46
Last Modified: 18 Dec 2020 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50162

Actions (login required)

View Item View Item