ANALISIS FAKTOR KEGAGALAN MESIN CNC DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: DEPARTEMEN MOLDSHOP PT. FENG TAY INDONESIA ENTERPRISES)

REGGY NUR SYA’BAN, mhs and Wahyu Katon, DS (2020) ANALISIS FAKTOR KEGAGALAN MESIN CNC DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: DEPARTEMEN MOLDSHOP PT. FENG TAY INDONESIA ENTERPRISES). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Reggy Nur Sya'ban_183010184_Teknik Industri.pdf

Download (838kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT Feng Tay Indonesia Enterprises merupakan perusahaan yang bergerak di bidang padat karya yang memproduksi sandal dan sepatu. Selain itu, PT Feng Tay Indonesia Enterprises memproduksi tooling penunjang untuk berlangsungnya produksi, antara lain cetakan bagian bawah sepatu, cetakan bagian atas sepatu, dan lain-lain. Dalam pembuatan sebuah cetakan (mold) bagian bawah sepatu melalui beberapa proses, salah satunya adalah proses mesin CNC. Mesin CNC adalah salah satu mesin yang bekerja terus-menerus tanpa henti selama hari kerja sehingga resiko mengalami kerusakan juga sangat tinggi. Terdapat banyak komponen-komponen mesin CNC yang mengalami kerusakan, antara lain spindle, cutting tools, dan lain-lain. Kerusakan yang terjadi tersebut dapat menghambat proses produksi yang sedang berlangsung sehingga perlu dilakukan analisis mengenai faktor-faktor penyebab kegagalan pada mesin CNC. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber-sumber atau penyebab dari kerusakan mesin CNC. Dari metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) yang dilakukan didapatkan dua kegagalan yang sangat berpengaruh berdasarkan perhitungan Risk Priority Number (RPN), yaitu spindle tidak akurat dan base magnet kurang kuat sehingga memerlukan penanganan yang lebih baik. Menentukan kegiatan perawatan dan perbaikan pada kedua kegagalan tersebut dilakukan dengan cara berikut, yaitu analisis fishbone diagram, decision diagram, dan metode 5W – 1H. Kata Kunci: Mesin CNC, Failure Mode and Effect Analysis, Risk Priority Number

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:12
Last Modified: 23 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50065

Actions (login required)

View Item View Item