PEMBELAJARAN ARTIKULASI MELALUI KARTU BERWARNA UNTUK MENGEKSPLORASI DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, HASIL BELAJAR, SERTA DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SEKOLAH DASAR

Neneng Mulya, NPM. 188060005 (2020) PEMBELAJARAN ARTIKULASI MELALUI KARTU BERWARNA UNTUK MENGEKSPLORASI DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, HASIL BELAJAR, SERTA DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SEKOLAH DASAR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Neneng Mulya_MPM copy.docx

Download (20kB)
[img] Text
DOKUMEN 1 JUDUL, PENGESAHAN,PERNYATAAN,PENGANTAR,UCAPAN TERIMA KASIH.docx

Download (44kB)
[img] Text
DOKUMEN 3 ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DOKUMEN 4 BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DOKUMEN 5 BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
DOKUMEN 6 BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DOKUMEN 7 BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
DOKUMEN 8 BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DOKUMEN 9 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan sikap positif terhadap pembelajaran matematika rendah. Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran artikulasi melalui kartu berwarna dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta respon siswa terhadap pelajaran matematika yang memperoleh pembelajaran artikulasi melalui kartu berwarna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu dipilih kelas 6C sebanyak 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 6D sebanyak 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan komunikasi matematis, angket siswa, lembar observasi, dan wawancara. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan uji perbedaan rerata, rataan gain ternormalisasi, analisis korelasi dan data sikap antara kedua kelas sampel serta deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran artikulasi melalui kartu berwarna dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, hasil belajar dan disposisi produktif siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Artikulasi, Kartu Berwarna, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Produktif Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Oct 2020 02:35
Last Modified: 22 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49686

Actions (login required)

View Item View Item