REPRESENTASI FEMINISME DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Terhadap Lagu “The Man” Karya Taylor Swift)

Wina Khairunnisa Nursyifa, 162050400 (2020) REPRESENTASI FEMINISME DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Terhadap Lagu “The Man” Karya Taylor Swift). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I Wina Khairunnisa.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Wina Khairunnisa.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Wina Khairunnisa.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Wina Khairunnisa.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Wina Khairunnisa.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Feminisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Terhadap Lagu “The Man” Karya Taylor Swift)”. Tanda-tanda di setiap bait dalam lagu ini menjadi bahan pengamatan yang menarik. Untuk menganalisis sebuah makna yang terkandung dalam setiap bait, dapat diteliti melalui sebuah studi analisis data kualitatif, berupa analisis semiotika, dengan melihat tanda-tanda yang terdapat pada setiap bait dari lagu The Man. Adapun tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah lebih jauh mengenai bagaimana tanda dan realitas eksternal yang terdapat dalam setiap bait yang ada dalam lagu The Man. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami makna yang tampak, untuk memahami interaksi sosial, untuk mengembangkan teori Ferdinand yang mengandung dua unsur penting yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Kemudian hasil yang didapatkan peneliti adalah, terdapat tujuh representasi feminisme. Yang pertama, penolakan standar ganda dalam kehidupan percintaan, perjuangan terhadap korban kekerasan seksual, perjuangan mendapatkan keadilan dalam dunia kerja, perjuangan untuk menghilangkan perpektif negatif saat wanita mendapatkan kesuksesan, memisahkan kehidupan pribadi wanita dengan hasil kerja kerasnya, memperlakukan pria dan wanita dengan sama, dan memperjuangkan tentang stereotipe negatif yang selalu melekat dengan wanita. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti sebagai masukan bagi pihak seniman dan pencipta lagu adalah, lagu tidak hanya mengandung unsur hiburan saja tetapi juga memberikan makna yang berarti di dalam setiap bait nya, agar bermanfaat bagi masyarakat. Masyarakat juga harus pintar memilih lagu untuk didengar dan dapat memahami setiap pesan yang disampaikan agar bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri. Terakhir, untuk para peneliti yang akan meneliti lagu harus lebih teliti dalam menganalisis makna penanda dan petanda.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 23 Oct 2020 04:10
Last Modified: 23 Oct 2020 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49662

Actions (login required)

View Item View Item