RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KLINIK PRATAMA YULIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DAN KAPITASI BPJS PRATAMA YULIA'S CLINIC MARKETING STRATEGY DESIGN IN EFFORTS TO INCREASE THE NUMBER OF VISITS BPJS PATIENTS AND CAPITATIONS

dr. YULIA SAGA DEWI, NPM.188020125 (2020) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KLINIK PRATAMA YULIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DAN KAPITASI BPJS PRATAMA YULIA'S CLINIC MARKETING STRATEGY DESIGN IN EFFORTS TO INCREASE THE NUMBER OF VISITS BPJS PATIENTS AND CAPITATIONS. Thesis(S2) thesis, universitas pasundan.

[img] Text
artikel.doc

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia. Klinik sebagai salah satu penyelenggara pelayanan kesehatan harus dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan professional kepada pasien. Klinik Pratama Yulia merupakan sebuah klinik swasta yang berada dikecamatan Boliyohuto yang memberikan pelayanan kesehatan. Klinik Pratama Yulia ini baru didirikan selama 7 bulan berjalan tentunya pada klinik baru ini diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan kapitas BPJS. Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Yulia dengan menggunakan metode wawancara dan survey kepada pihak yang berhubungan dengan kebijakan klinik. Model penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan saat tertentu. Metode analisi yang digunakan adalah analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunities,Threath) dan metode Delphi. Dari hasil analisis SWOT akan diidentifikasi faktor internal dan faktor ekternal klinik Pratama Yulia, sehingga didapatkan posisi strategi klinik, kemudian denga matriks SWOT dapat dirumuskan strategi serta menyusun program dan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Yulia. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi pemasaran yang paling cocok dengan klinik adalah strategi WO (Weakness-Opportunities) dan dari strategi tersebut didapatkan beberapa rekomendasi program pemasaran untuk Klinik Pratama Yulia yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Yulia sehingga jumlah kunjungan pasien diKlinik juga akan meningkat. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Klinik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:05
Last Modified: 15 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49146

Actions (login required)

View Item View Item