PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN HIKAYAT KE DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN 2018/2019

YOGA SUSANTO, 155030002 (2020) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN HIKAYAT KE DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20200922080857.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak ingris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengembangkan Hikayat ke dalam Bentuk Cerpen dengan Pendekatan Kontruktivisme pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendekatan kontruktivisme digunakan dalam pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan tepat? (2) Mampukah peserta didik mengembangkan hikayat ke dalam cerpen dengan tepat? (3) Bagaimanakah hasil pendekatan pada peserta didik dalam mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan tepat. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan dan merencanakan pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan pendekatan kontruktivisme. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penilaian pelaksanaan dan perencanaan pembelajaran yaitu 3.75. (2) Peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung mampu mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen, hal tersebut dapat dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai postes sebesar 85.6. (3) pendekatan kontruktivisme efektif digunakan pada pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung >ttabel yaitu 193.3 > 23.4 dengan tingkat kepercayaan 95% dan taraf siginifikan 5% serta derajat kebebasa n 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Mengembangkan hikayat ke dalam cerpen menggunakan pendekatan kontruktivisme

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:59
Last Modified: 23 Sep 2020 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48841

Actions (login required)

View Item View Item