PENENTUAN RUTE DAN PENJADWALAN UNTUK MENENTUKAN PENGIRIMAN PAKET DI SETIAP DISTRIBUTION CENTER DI PT. POS INDONESIA MAIL PROCESSING CENTER (MPC) BANDUNG 40400

NOVIANDI PAMUNGKAS, 153010079 and Yogi Yogaswara, DS (2019) PENENTUAN RUTE DAN PENJADWALAN UNTUK MENENTUKAN PENGIRIMAN PAKET DI SETIAP DISTRIBUTION CENTER DI PT. POS INDONESIA MAIL PROCESSING CENTER (MPC) BANDUNG 40400. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Noviandi Pamungkas_153010079_Teknik Industri.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Pos Indonesia Mail Processing Center (MPC) Bandung 40400 merupakan bagian dari PT. Pos Indonesia yang memiliki fungsi manajerial terkait kegiatan Collecting, Processing, Transporting, Delivery dan Reporting yang sudah efektif dan efisien di suatu wilayah kerjannya. Namun dalam proses Transporting (antaran) di PT. Pos Indonesia Mail Processing Center (MPC) Bandung 40400 masih menggunakan sistem zoning dimana dalam melakukan pengirman masih membagi wilayah secara tersier, serta masing-masing area hanya dilayani oleh satu kendaraan. Sehingga permasalahan tentu akan muncul banyaknya kegiatan distribusi atau pengiriman barang yang akan dikirim dari pusat pengiriman ke tujuan. Pengiriman paket atau barang terdapat kendala seperti traffic yang ada diruas jalan dan mengakibatkan kepadatan pada ruas jalan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman menjadi mundur sehingga perlu adanya penjadwalan untuk dapat mengetahui kapan waktu keberangkatan dan waktu tiba dari setiap kendaraan. Dalam melakukan perbaikan terhadap rute dan Penjadwalan maka dilakukan evaluasi yang dapat diselesaikan dengan metode Clarke and Wright Saving yang mempertimbangkan nilai saving yang tertinggi ke terendah untuk menentukan rute yang sudah terbentuk, penentuan rute juga mempertimbangkan kapasitas dari setiap kendaraan yang akan melayani rute yang sudah terbentuk. Untuk persoalan penjadwalan, dapat dilihat dari hasil rute yang sudah terbentuk yang sudah diselesaikan dengan Clarke and Wright Saving dengan mempertimbangkan waktu tempuh, jarak antara MPC ke DC, waktu loading dan unloading. Hasil analisis yang telah dilakukan untuk menentukan rute dengan metode Clarke and Wright Saving bahwa terbentuk hasil rute yang terbentuk selama 25 hari sebanyak kurang lebih 10 kendaraan atau rute untuk setiap harinnya. Dari segi jarak sebelum menggunakan metode Clarke and Wright Saving sebesar 10.200 Km, sedangkan setelah menggunakan Clarke and Wright Saving sebesar 7.472,4 Km. maka memiliki selisih sebesar 2727,6 KM atau persentase sebesar 27% penghemetan yang didapatkan jarak antara kondisi saat ini dengan menggunakan metode Clarke and Wright Saving. Dari hasil tersebut bahwa dapat dipertimbangkan oleh PT. Pos Indonesia Mail Processing Center (MPC) Bandung 40400 dengan melakukan evaluasi terhadap jarak tempuh menggunakan metode Clarke and Wright Saving, dan penjadwalan untuk mengetahui kapan kendaraan akan berangkat dan kapan akan tiba, tentu ii dengan mempertimbangkan kecepatan serta ruas jalan yang sesuai dengan yang ada dilapangan. Kata Kunci : Clarke and Wright Saving, kapasitas, jarak, Penjadwalan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 05:45
Last Modified: 21 Oct 2019 05:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46200

Actions (login required)

View Item View Item