PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS, PENALARAN MATEMATIS, DAN KEMANDIRIAN MELALUI PBL SISWA SMA

Dahlya Dewi Mulyati, NPM : 158060010 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS, PENALARAN MATEMATIS, DAN KEMANDIRIAN MELALUI PBL SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Dahlya_final.docx

Download (70kB)

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil penelitian pembelajaran dengan Problem Based Learning(PBL) untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis, penalaran matematis, serta kemandirian siswa menggunakan Mixed Method dengan tipe embedded design. Populasi nya siswa kelas XI SMAN 1 Baleendah Kabupaten Bandung tahun ajaran 2016-2017 ,sampel terdiri dua kelas : kelas XI IPA 7 dan XI IPA 8 , dipilih secara Purposive Sampling.Penelitian menggunakan instrumen tes berupa soal tes kemampuan pemahaman dan penalaran matematis, dan instrumen non tes berupa angket skala kemandirian belajar, dan lembar observasi aktivitas. Hasil penelitiannya adalah : 1) Tidak ada peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan PBL , 2) Tidak ada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan PBL, 3) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan PBLtidak lebih baik dari siswayang mendapatkan pembelajaran secara konvensional, dan 4) Tidak terdapatkorelasi antara kemandirian belajar, kemampuan pemahaman matematis, dan penalaran matematis. Kata Kunci : Kemandirian, Pemahaman, Penalaran, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Oct 2019 06:24
Last Modified: 21 Oct 2019 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46153

Actions (login required)

View Item View Item