ANALISIS PERFORMANSI KESEIMBANGAN LINTASAN PERAKITAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA (AG) (STUDI KASUS : PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT TAMBUN I)

IKA ZULAIKHA, 143010206 and Yogi Yogaswara, DS (2019) ANALISIS PERFORMANSI KESEIMBANGAN LINTASAN PERAKITAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA (AG) (STUDI KASUS : PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT TAMBUN I). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
IKA ZULAIKHA_143010206_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (552kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ufaktur yang bergerak dalam bidang industri perakitan sepeda motor. Saat ini, PT Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun I sedang mengalami permasalahan ketidak seimbangan lintasan pada lintasan perakitan sepeda motor Suzuki GSX- R150. Hal tersebut ditandai dengan adanya bottleneck pada lintasan perakitan Suzuki GSX-R150. Bottleneck adalah suatu kondisi dimana beberapa stasiun kerja melakukan proses penuh dan beberapa stasiun kerja lainnya dalam kondisi menganggur karena menunggu input dari stasiun kerja sebelumnya. Permasalahan ketidak seimbangan lintasan dapat diselesaikan dengan melakukan penerapan metode line balancing. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui metode kesimbangan lintasan terbaik yang dapat memberikan hasil mendekati optimal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Ranked Position Weight (RPW) sebagai usulan awal yang dievaluasi dengan metode Algoritma Genetika (AG) dengan dua variasi metode crossover yakni metode crossover satu titik dan metode crossover dua titik. Berdasarkan analisis parameter yang telah dilakukan, metode Ranked Position Weight (RPW) menghasilkan nilai efesiensi lintasan sebesar 60,49%, nilai balance delay sebesar 39,51%, serta nilai smoothing index sebesar 421,73. Sedangkan setelah dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode Algoritma Genetika (AG), baik dengan penggunaan metode crossover satu titik maupun metode crossover dua titik memberikan hasil, yakni nilai efisiensi lintasan sebesar 62,21%, nilai balance delay sebesar 37,79%, serta nilai smoothing index sebesar 403,46. Berdasarkan nilai parameter tersebut didapat bahwa terjadi peningkatan dibeberapa parameter, yakni nilai efisiensi meningkat sebesar 1,72%, serta penurunan pada nilai balance delay sebesar 1,72%. Kata Kunci : Line Balancing, Ranked Position Weight (RPW), Algoritma Genetika (AG)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:22
Last Modified: 09 Oct 2019 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45553

Actions (login required)

View Item View Item