PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DALAM PENENTUAN RUTE & PENJADWALAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI WILAYAH BANDUNG UTARA (STUDI KASUS: PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG)

AYU FAUZIAH, 15301013 and Yogi Yogaswara, DS (2019) PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DALAM PENENTUAN RUTE & PENJADWALAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI WILAYAH BANDUNG UTARA (STUDI KASUS: PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AYU FAUZIAH_153010133_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (598kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengangkutan sampah di Wilayah Bandung Utara merupakan objek dalam penelitian ini. Jumlah sampah yang dihasilkan di Wilayah Bandung Utara cukup besar yaitu 0,0014 orang dalam satu hari, maka pengangkutan sampah yang dilaksanakan oleh PD. Kebersihan Kota Bandung harus sesuai yang ditargetkan, yaitu salah satunya dengan penentuan rute yang merupakan masalah yang dihadapi akibat total jarak yang ditempuh cukup jauh yaitu 378,01 km serta tidak diketahui secara pasti jadwal pengangkutan sampah dari setiap TPS menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh PD. Kebersihan Kota Bandung. Dalam upaya penyelesaian masalah tersebut metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah savings heuristic (Clarke and Wright) sebagai usulan awal yang di evaluasi menggunakan Algoritma Genetika dengan tujuan mendapatkan rute dengan jarak terpendek, dan berdasarkan rute tersebut dapat disusun penjadwalan pengangkutan sampah pada setiap TPS nya. Berdasarkan kedua metode tersebut, hasil Metode savings heuristic (Clarke and Wright) adalah 29 TPS dengan 7 rute terbentuk menghasilkan total jarak 326,241 km . sedangkan metode Algoritma Genetika adalah 29 TPS dengan 7 rute terbentuk menghasilkan total jarak 296,704. Berdasarkan kondisi awal menunjukan adanya efesiensi total jarak yang ditempuh yaitu sebesar 21,51%. Kata Kunci: Pengangkutan Sampah, Clarke and Wright, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:53
Last Modified: 09 Oct 2019 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45517

Actions (login required)

View Item View Item