PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas V SD Negeri Magung 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

Septian Abdul Azis, 155060180 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas V SD Negeri Magung 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar siswa”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar peserta didik pada kelas V SDN Magung 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar peserta didik pada kelas V SDN Magung 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara dan observasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS 22.0 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y = 13,078+0,819X yang berarti setiap kenaikan 1% pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,819 pada keaktifan siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y, maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 86,6%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran STAD lebih efektif digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan besarnya pengaruh pembelajaran STAD terhadap keaktifan belajar sebesar 86.6% dengan kriteria sangat kuat. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 08:29
Last Modified: 05 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45369

Actions (login required)

View Item View Item