PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE

RIRIN SETYOWATI, 155050008 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIRIN BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIRIN BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIRIN BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
RIRIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
RIRIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan self-confidence sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis dengan mudah mengetahui arti penting matematika, terutama kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa yang memiliki self-confidence yang positif dapat dengan mudah menyampaikan pendapatnya. Dalam mempelajari matematika siswa banyak mengalami permasalahan, kemampuan koneksi matematis masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-confidence siswa adalah model pembelajaran MURDER. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran MURDER lebih baik daripada kemampuan koneksi siswa yang belajar menggunakan model konvensional; (2) mengetahui self-cofidence siswa positif yang memperoleh pembelajaran MURDER; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan sikap siswa yang mendapatkan model pembelajaran MURDER. Berdasarkan metodenya penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan uji Pearson dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MURDER lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori; (2) self-confidence siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran MURDER dalam pembelajaran matematika; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dengan sikap siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran MURDER dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kata kunci: Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), kemampuan koneksi matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:22
Last Modified: 19 Sep 2019 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43780

Actions (login required)

View Item View Item